Laman

Rabu, 02 September 2009

dobeldobel.com: KELILING NUSANTARA dan KELILING DUNIA dengan MOTOR

PROPOSAL
KELANA  KULINER DAN DE KOELINER
dobeldobel.com dan kelanakuliner.com
KELILING NUSANTARA DENGAN MOTOR


1. PENDAHULUAN
Perkembangan teknologi komunikasi online hampir nyaris menggantikan media komunikasi lainnya. Pemberitaan di televisi, radio dan media cetak seperti majalah, tabloid serta koran terasa akan tak berimbang bila tidak dilengkapi dengan maraknya informasi jejaring online di media internet. Belum lagi perkembangan teknologi alat komunikasi online yang begitu cepat dan semakin murah, sehingga tak heran bila kini semua lapisan mulai memiliki alat canggih yang dulu hanya dimiliki kalangan tertentu saja.


Kini akan sering kita jumpai di kota besar, seorang pelajar, mahasiswa atau kalangan muda memiliki teknologi canggih online untuk kepentingan informasi. Para pemilik telepon selular kini bukan hanya untuk kalangan mampu saja, tapi semua lapisan di kota besar hampir bisa dipastikan meiliki, bahkan terkadang kita bisa temui seseorang memiliki beberapa  perangkat HP. Maka dengan kemudahan itu, kecenderungan gaya hidup yang serba over communicated society (meminjam istilah para ahli pemasaran), maka perlulah kiranya para pemasar mau tak mau mempertimbangkan media online sebagai satu alternatif utama dari strategi promosi dalam bauran pemasran yang harus mereka lakukan.

Blogger, sebagai salah satu kecanggihan teknologi komunikasi yang mendukung penuh jurnalisme rumahan (home journalism) kini juga semakin menggejala, termasuk di kalangan anak sekolah, mahasiswa bahkan masuk pula di tengah keluarga. Berdasarkan survei lembaga khusus penggunaan jaringan sosial online Facebook sudah mencapai nyaris di atas 57 persen pengguna telepon selular online di beberapa kota besar.

Menggabungkan kekuatan media online, dimana blogger sebagai media publikasi yang umumnya dipakai sebagai salah satu pilihan favorit para jurnalis profesional maupun amtiran, sedangkan facebook sudah menjadi satu kebutuhan gay hidup sosial bagi setiap pengguna hp online di kota-kota. Dan ini berarti kombinasi promosi menggunakan fasilitas blogger serta jejaring sosial menjadi satu keharusan yang tak bisa diabaikan.

2. LANGKAH AWAL
Adalah jejaring blogger dobeldobel.com, dengan alamat URL http://dobeldobel.blogspot.com yang kini baru memiliki domain gratisan http://www.dobeldobel.co.cc yang telah memiliki lebih dari 30 blogs terkait dengan awalnya berangkat dari satu penulis utama, yakni Sidik Rizal yang kemudian mencoba membangun jaringan di jejaring sosial dengan mengajak mitra-mitranya untuk bergabung membuat tulisan tentang profil tokoh politik pada saat pemilu 2009 berselang.

Usaha kerja kerasnya yang dibayar sekadarnya dan terkadang menghasilkan sesuatu yang lebih dari sekadar keuntungan finansial semata, Sidik Rizal malah mendapat satu jaringan komunitas baru yang tidak tertutup hanya pada satu partisan partai politik tertentu. Dari situlah Sidik Rizal mulai menggiatkan tulisan advertorial dan profil yang tidak saja produktif bagi kebutuhannya dalam mencari nafkah, tapi semakin membuatnya tenggelam dan mencintai pekerjaannya menulis dan menggali berbagai hal.

Setelah berjaln selam kurang dari 6 (enam) bulan, jaringan web blogsnya mendapat respon dan penghargaan dari pihak perpustakaan dunia dari Amerika Serikat, yakni Library of Congress yang meminta izin dobeldobel.com untuk bisa meng-capture (izin copy paste dan recording database blogs) dan dari 30 lebih blogs yang dibuatnya, ada 10 blogs yang tercatat untuk dicapture oleh pihak perpustakan kedubes AS itu hingga akhir bulan September 2009 mendatang. Belum lagi respon positif dari beberap media internasional seperti Reuters Inggris, CNN Amerika Serikat, USA Todays yang meminta izin menghubungi narasumber yang telah diliput oleh jaringan dobeldobel.com
Daftar kunjungan dunia internasional dalam bentuk widget (fasilitas tools internet yang menghitung hit pengunjung dari seluruh pelosok dunia secara online) bisa dilihat di setiap jaringan blogs yang terkait.

Menanggapi hal ini, Sidik Rizal dan rekan-rekan membentuk badan organisasi yang lebih profesional. Pada awalnya Sidik Rizal mengajak Buznadi Turki, Dian PP dan Aris Margiantoro untuk lebih membuat media jurnalisme rumahan ini lebih profit oriented. Namun seiring berjalannya waktu, situasi perpolitikan juga kian mendingin bersamaan dengan selesainya pemilu di Indonesia, maka Sidik Rizal bersepakat dengan rekan-rekannya untuk melakukan diversifikasi penulisan reportase menjadi jenis liputan advertorial di dunia usaha.

Dan dunia usaha yang paling bisa serta cepat mendapat respon dengan para usernya adalah dunia kuliner dan usaha kreatif lainnya yang masih memerlukan promosi secara online. Hanya dengan biaya yang relatif murah mereka bisa berpromosi dan diangkat ke dunia publik secara global.

Untuk menyikapi kebutuhan lokal serta mencegah over communicated promo, Sidik Rizal membagi-bagi situs blogsnya per wilayah sehingga diharapkan dengan mendahulukan kepentingan klien serta narasumber berita advertorial serta konsep SEO (Search Engine Optiomization = Optimalisasi Mesin Pencari di dunia internet) yang serupa dengan pengukuran popularitas media cetak seperti tampilan halman muka sebuah koran, tabloid dan majalah serta serupa pula dengan tayangan prima dalam dunia pertelevisian serta radio, maka Sidik Rizal dan rekan menawarkan kerjasama dengan beberap pengusaha kuliner dan kreatif untuk mempromosikan mereka secara online dengan sajian ala reportase advertorial.

Hal ini berjaln efektif, namun karena keterbatasan dana dan cakupan, mak baru hanya wilayah Kota Bekasi dan sekitarnya, yakni DKI Jakarta serta Kabupaten Bekasi yang menjadi sasaran marketing klien yang akn diliput media online dobeldobel.com
Untuk itulah timbul ide gila untuk mengikuti konsep senior-senior di dunia televisi seperti Wisata Kuliner, Bondan Winarno dan banyak lainnya.

Perlu diketahui bahwa hampir setiap stasiun televisi juga mempunyai media blogs sendiri diman penulisnya kebanyakn bukan wartawan resmi stasiun televisi yang bersangkutan, tapi member yang berhasil didapat serta mendaftar di website internet mereka.

3. LANDASAN BERFIKIR
Semakin banyaknya permintaan user atau narasumber peliputan dunia kuliner untuk membuat jaringan blogs sendiri atau masuk secara tak langsung ke jaringan blogs kuliner dobeldobel.com seperti :
1. http://www.kelanakuliner.co.cc
2. http://wisatakulinerdobeldobel.blogspot.com
3. http://tamankulinerdobeldobel.blogspot.com
4. http://dekoelinerdobeldobel.blogspot.com
5. http://warungkulinerdobeldobel.blogspot.com
6. http://jelajahdobeldobel.blogspot.com
7. http://profilusaha.blogspot.com
8. http://iklanbarisglobal.blogspot.com
9. http://iklandisplaybekasi.blogspot.com
10. http://www.dobeldobel.co.cc

maka Sidik Rizal dan rekan hendak memperluas jaringan dengan bertemu secara langsung dengan para blogger-blogger lokal serta pengusaha lokal (baik kuliner maupun lainnya) untuk mengajak mereka membuat jaringan jurnalisme media blogger yang lebih komprehensif, terpadu dan komersial. Di satu sisi, dobeldobel.com mendapatkan masukan secara produktif, juga membuka jaringan baru khususnya bagi para pengusaha kuliner di daerah-daerah.

Itulah sebabnya perencanaan kelanakuliner di sepanjang jalur di pulau Jawa kemudian ke pulau lainnya di Indonesia, menjadi program membangun jaringan dan komunitas blogger dan promosi yang terencana serta didukung penuh oleh beberapa media televisi besar. Sehingga para sponsor pendukung akan mendapatkan promosi kegiatan yang efektif yang tak perlu diperjelas lagi tentunya.

4. NAMA KEGIATAN PROGRAM dan TEMA
Nama kegiatan program ini adalah KELANA KULINER Sidik Rizal dan De Koeliner Wanderer atau disesuaikan dengan nama yang disepakati bersam dengan sponsor utama.
Misalnya Kelana Kuliner PRODUK UTAMA ANDA.

Sedangkan tema utamanya adalah, Keliling Nusantara (Keliling Dunia) bersama Sidik Rizal dan "Sponsor Utama".

5. WAKTU KEGIATAN DAN LAMA KEGIATAN
Perjalanan keliling nusantara akan dimulai sebelum hari raya Idul Fitri dimulai bersamaan dengan maraknya mudik masyarakat, dengan momentum lebaran Idul Fitri, yang kemudian diikuti juga hari raya lainnya seperti Natalan, Tahun Baru serta lebaran Haji maka waktu kegiatan akan berkelanjutan memanfaatkan momentum hari besar.

Kegiatan dimulai beberapa hari sebelum Idul Fitri 1430 H. Sedangkan lamnya kegiatan direncanakan secepatnya keliling pulau Jawa dalam waktu 90 hari dengan motor. Diman setiap kota akan menginap sehari semalam dan melakukan peliputan kuliner, sosial, budaya serta kegiatan yang berhubungan dengan dunia usaha lainnya.

Keliling Nusantara sendiri di luar pulau Jawa sedikitnya memakan waktu 2 tahun, sedangkan untuk keliling dunia dengan kendaraan roda dua motor, sedikitnya memakan waktu selama 4 tahun.

6. MEDIA PENDUKUNG
Selain setiap hasil peliputan baik kuliner, sosial, budaya, ekonomi dan usaha secara online yang diupdatenya paling lama 3 hari sekali, maka target yang hendak dicapai adalah 90 hari : 3 hari/tulisan = 30 tulisan tentang usaha kuliner di jaringan blogs yang tersebut di atas.
Di samping itu, peliputan dari media elektronik baik nasional maupun lokal serta media massa lokal akan membantu penuh, sehingga dampak promosi serta pembentukan pencitraan kegiatan ini akan sangat menguntungkan buat sponsor pendukung.

Media placement blogger yang dijadikan ajang iklan sponsor adalah blogs milik dobeldobel.com serta jaringannya yang terpadu.

Untuk program keliling dunia, sudah dapat dipastikan akan didukung media televisi dan media massa internasional.

7. KEBUTUHAN DASAR DAN PEMBIAYAAN
Untuk melakukan perjalanan keliling pulau Jawa setidaknya dengan untuk waktu 90 hari dan 2 tahun keliling Nusantara dan 4 tahun keliling dunia Sidik Rizal - dobeldobel.com membutuhkan anggaran sebagai berikut:

7.1. Kebutuhan Pralatan Pendukung
 -- 7.1.a. 1 unit Laptop dengan fasilitas online merk Zyrex harga Rp. 6.700.000,-
 -- 7.1.b. 1 unit kendaraan roda dua motor, merk Honda CB 125 (sudah ada, namun terbuka peluang sponsor kendaraan motor)
 -- 7.1.c. 1 unit HP online dan ada fasilitas GPRS seharga Rp. 1.300.000,-
 -- 7.1.d. 1 set Backpack dan Survivor Kit lengkap seharga Rp. 2.500.000,-
 -- 7.1.e. Persiapan administratif seperti kelengkapan dokumen perjalanan ID dan lainnya sebesar Rp. 1.500.000,-

7.2. Kebutuhan Akomodasi & Transportasi Keliling Pulau Jawa
 -- 7.2.a. Uang Makan per hari Rp. 20.000,- x 90 hari = Rp. 1.800.000,-
 -- 7.3.b. Uang Transportasi per hari Rp. 30.000,- x 90 hari = Rp. 2.700.000,-
 -- 7.4.c. Uang akomodasi hotel per hari Rp.100.000,- x 90 hari = Rp. 9.000.000,-

7.3. Kebutuhan Akomodasi & Transportasi Keliling Nusantara selama 2 tahun (menyusul rinciannya).
7.4. Kebutuhan Akomodasi & Transportasi Keliling Dunia selama 4 tahun (menyusul rinciannya).

8. BAGIAN PROMO SPONSOR PENDUKUNG
8.1. Sponsor Pendukung Utama I
 -- 8.1.a. Sponsor Utama I akan mendapatkan Banner Utama (head banner title) ukuran 750 pixel x 123 pixel di salah satu antara 30 blogs jaringan dobeldobel.com selama 4 tahun kontrak.
 -- 8.1.b. Sponsor Utama I akan mendapatkan 1 animasi di 10 lokasi blogs dalam jaringan dobeldobel.com ukuran 250 pixel x 200 pixel dengan jumlah max 7 frames per 10 detik yang diletakkan di sebelah kanan masing-masing blogs sepanjang 4 tahun
 -- 8.1.c. Sponsor Utama I akan mendapatkan 10 still banner berukuran 250 pixel x 100 pixel yang diletakkan di 10 blogs lainnya dalam jaringan dobeldobel.com selama 4 tahun
 -- 8.1.d. Sponsor Utama I akan mendapatkan advertorial utama gratis yang berhubungan dengan setiap kegiatan peliputan baik dalam bentuk tulisan maupun foto atau rekaman video berdurasi max 1 menit seumur hidup pada 1 blogs utama dalam jaringan dobeldobel.com

8.2. Sponsor Pendukung Utama II
 -- 8.2.a. Sponsor Utama II akan mendapatkan 1/2 bagian dari Banner Utama (head banner title) ukuran 300 pixel x 123 pixel di salah satu antara 30 blogs jaringan dobeldobel.com selama 2 tahun kontrak.
 -- 8.2.b. Sponsor Utama II akan mendapatkan 1 animasi di 5 lokasi blogs dalam jaringan dobeldobel.com ukuran 250 pixel x 200 pixel dengan jumlah max 7 frames per 10 detik yang diletakkan di sebelah kanan masing-masing blogs sepanjang 2 tahun
 -- 8.2.c. Sponsor Utama II akan mendapatkan 7 still Sidebanner berukuran 250 pixel x 100 pixel yang diletakkan di sebelah kanan 7 blogs lainnya dalam jaringan dobeldobel.com selama 2 tahun
 -- 8.2.d. Sponsor Utama II akan mendapatkan advertorial utama gratis yang berhubungan dengan setiap kegiatan peliputan baik dalam bentuk tulisan maupun foto atau rekaman video berdurasi max 1 menit seumur hidup pada 1 blogs utama dalam jaringan dobeldobel.com

8.3. Sponsor Pendukung Madya III
 -- 8.3.a. Sponsor Madya III akan mendapatkan 1/4 bagian dari Banner Utama (head banner title) ukuran 150 pixel x 123 pixel di salah satu antara 30 blogs jaringan dobeldobel.com selama 1 tahun kontrak.
 -- 8.3.b. Sponsor Madya III akan mendapatkan 1 animasi di 3 lokasi blogs dalam jaringan dobeldobel.com ukuran 250 pixel x 200 pixel dengan jumlah max 7 frames per 10 detik yang diletakkan di sebelah kanan masing-masing blogs sepanjang 1 tahun
 -- 8.3.c. Sponsor Madya III akan mendapatkan 5 still Sidebanner berukuran 250 pixel x 100 pixel yang diletakkan di sebelah kanan 5 blogs lainnya dalam jaringan dobeldobel.com selama 1 tahun
 -- 8.3.d. Sponsor Madya III akan mendapatkan advertorial utama gratis yang berhubungan dengan setiap kegiatan peliputan baik dalam bentuk tulisan maupun foto atau rekaman video berdurasi max 1 menit seumur hidup pada 1 blogs utama dalam jaringan dobeldobel.com

8.4. Sponsor Pendukung Mini IV
 -- 8.4.a. Sponsor Mini IV akan mendapatkan 1 bagian dari Banner Pendukung (sub-head banner title) ukuran 750 pixel x 30 pixel di salah satu antara 30 blogs jaringan dobeldobel.com selama 1 tahun kontrak.
 -- 8.4.b. Sponsor Mini IV akan mendapatkan 1 animasi di 2 lokasi blogs dalam jaringan dobeldobel.com ukuran 250 pixel x 200 pixel dengan jumlah max 7 frames per 10 detik yang diletakkan di sebelah kanan masing-masing blogs sepanjang 1 tahun.
 -- 8.4.c. Sponsor Mini IV akan mendapatkan 2 still Sidebanner berukuran 250 pixel x 100 pixel yang diletakkan di sebelah kanan 2 blogs lainnya dalam jaringan dobeldobel.com selama 1 tahun
 -- 8.4.d. Sponsor Mini IV akan mendapatkan advertorial utama gratis yang berhubungan dengan setiap kegiatan peliputan baik dalam bentuk tulisan maupun foto atau rekaman video berdurasi max 1 menit seumur hidup pada 1 blogs utama dalam jaringan dobeldobel.com

8.5. Sponsor Pendukung Mini V
 -- 8.5.a. Sponsor Mini IV akan mendapatkan 1 animasi di 2 lokasi blogs dalam jaringan dobeldobel.com ukuran 250 pixel x 200 pixel dengan jumlah max 7 frames per 10 detik yang diletakkan di sebelah kanan masing-masing blogs sepanjang 6 bulan.
 -- 8.5.b. Sponsor Mini IV akan mendapatkan 2 still Sidebanner berukuran 250 pixel x 100 pixel yang diletakkan di sebelah kanan 2 blogs lainnya dalam jaringan dobeldobel.com selama 6 bulan.
 -- 8.5.c. Sponsor Mini IV akan mendapatkan advertorial utama gratis yang berhubungan dengan setiap kegiatan peliputan baik dalam bentuk tulisan maupun foto atau rekaman video berdurasi max 1 menit seumur hidup pada 1 blogs utama dalam jaringan dobeldobel.com

9. BIAYA SPONSOR PENDUKUNG
9.1. Sponsor Pendukung Utama I
 -- Sponsor Utama I diwajibkan membayar tunai sponsorship senilai Rp. 140.000.000,-
9.2. Sponsor Pendukung Utama II
 -- Sponsor Utama I diwajibkan membayar tunai sponsorship senilai Rp. 75.000.000,-
9.3. Sponsor Pendukung Madya III
 -- Sponsor Utama I diwajibkan membayar tunai sponsorship senilai Rp. 40.000.000,-
9.4. Sponsor Pendukung Mini IV
 -- Sponsor Utama I diwajibkan membayar tunai sponsorship senilai Rp. 25.000.000,-
9.5. Sponsor Pendukung Mini V
 -- Sponsor Utama I diwajibkan membayar tunai sponsorship senilai Rp. 15.000.000,-

10. PENUTUP
Tawaran kerjasama kegiatan yang akan diliput oleh media televisi, radio serta media massa cetak ini, sesungguhnya memberikan dampak positif bagi promosi produk Anda dengan track record dobeldobel.com dan Sidik Rizal sebagai satu figur jurnalis independen yang mempunyai idealisme mengusung perdamaian, kasih sayang dan persamaan hak bagi sesama manusia. Sedangkan persepektif idealisme Sidik Rizal yang mempunyai sangat kuat kepeduliannya kepada NKRI (NEgar KEsatuan Republik Indonesia) sehingga menjadi harga mati. Dengan mendukung keinginan mulia mewartakan keragaman sosial budaya wisata kuliner Nusantara dan menjelajahi dunia internasional dalam wacana yang serupa maka akn sama dampak positifnya bagi pencitraan produk Anda.

Dengan harapan program keliling nusantara serta keliling dunia dengan sepeda motor ini bisa selesai dalam waktunya selama 4 tahun, maka besar harapn kami mendapt dukungan penuh dari Anda sebagai kemitraan strategis yang saling menguntungkan.

Besar harapan kami mendapatkan respon secepatnya sebelum waktu penyelenggaraan dilaksanakan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Jakarta, 09-09-2009
dobeldobel.com

ttd

Nur Sidik Kelana Rizal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

. Kelana .. Kuliner .

wisatakuliner

kulinerkuliner.com

My Passion : Travel, Food & Music

Entri Populer