Laman

Jumat, 02 Oktober 2009

INITIAL PROPOSAL of KELANA KULINER Event Organizer

Ciptakan Event yang Bermakna dan Bermanfaat bagi Sesama

Setelah lebih dari setahun membangun web blog dengan mengumpulkan berita berupa tulisan tentang profil pengusaha, tokoh politik, para caleg dan beberapa kandidat pada pemilu lalu ternyata dobeldobel.co.cc mendapat pengakuan dari pihak asing, khususnya Perpustakaan Kongres Amerika Serikat yang melayangkan Surat Pemberitahuan bahwa mereka meminta izin capture (rekam data) dari blog-blog yang dikelola oleh Sidik Rizal di sana.

Jauh sebelum surat dari perpustakaan yang terbesar di dunia Library of Congress of USA meminta izin capture (copy paste and record = salin tempel dan rekam), ada beberapa tulisan di jaringan blogs ini yang diliput secara khusus oleh Reuters dan CNN serta USA Today. Media asing berskala dunia itu tertarik dengan salah satu foto dan tulisan tentang kandidat caleg yang cukup heboh dalam cara berkampanyenya. Damin Sada, seorang kandidat dari PPP untuk caleg provinsi Jawa Barat memasang baliho bergambar dirinya bersanding dengan Obama dan Osama. Berangkat dari keunikan gaya berkampanyenya itu, media-media asing itu meminta telepon dan lokasi baliho nyeleneh untuk mereka ambil dan wawancarai secara live. Maka itulah kali pertama tulisan-tulisan dari jaringan blogs dobeldobel.co.cc mendapat respon internasional. Sang pengelola, Sidik Rizal pun mulai lebih serius dan meminta bantuan beberapa teman-temannya untuk membuat blogs ini lebih profesional lagi.

Pemilu telah berlalu, dan kini para anggota dewan di tingkat nasional. provinsi dan kotamadya/kabupaten akan segera dilantik. Jaringan media dobeldobel.co.cc yang melihat bahwa koneksi yang telah dibangun ini merupakan potensi untuk kemajuan bersama di masa mendatang, berkeinginan membuat sebuah proyek yang bertujuan mengukuhkan kinerja jaringan media dobeldobel.co.cc. Untuk itulah demi mengantisipasi selesainya pesta demokrasi pada bulan Oktober nanti setelah pelantikan anggota dewan yang terpilih, Sidik Rizal memulai membangun media usaha kuliner di wilayah Bekasi.

Dan ternyata respon para pengusaha kuliner itu lumayan baik sehingga untuk kebutuhan pemberitaan dan promosi secara online bisa mereka dapatkan hanya dengan muncul di tayangan blogs yang sebenarnya bersifat gratisan itu. Sekalipun mereka diberitahu bahwa media blogs adalah media internet yang gratis serta bebas dibuat oleh siapa saja, pengelolaan di kelanakuliner.co.cc disajikan sedemikian rupa cukup representatif menjadi media massa online untuk publikasi promosi usaha kuliner.

Rupanya perjuangan yang keras dan keuletan itu saja tidak cukup, media dobeldobel.co.cc dan kelanakuliner.co.cc membutuhkan pengakuan lain yang sifatnya resmi dan permanen. Mulai membangun lobi-lobi dengan beberapa pengusaha kuliner yang cukup besar, Sidik Kelana Rizal mulai mempertimbangkan kemungkinan sponsorship utama untuk media online yang dibangunnya secara bertahap itu. Biasanya setelah dia melakukan proses pencarian informasi awal narasumber tulisan, kemudian melakukan wawancara dan menuliskannya serta menuangkannya ke blogs, Sidik Rizal terkadang meminta nara sumbernya memasang iklan di blogsnya yang memang dikhususkan untuk usaha kuliner itu. Mulai dari dia menawarkawan iklan sponsorship title head banner dari blogsnya kelanakuliner.com yang kemudian diberi nama kelanakuliner.co.cc itu.

Peminat pun bertambah, kalau di awal masa pengumpulan data, Sidik Rizal agak kesulitan menawarkan orang untuk pasang iklan di situs blogsnya, sehingga dia terpaksa menawarkan wawancara gratisan untuk promosikan usaha kuliner narasumbernya di jaringan situs kelanakuliner.com. Berjalan seiring dengan makin berminatnya orang pada efektifitas promosi media online ini, dia mulai membangun jaringan blogs bernama lain demi memenuhi keinginan beberapa pelanggan yang minta hasil wawancara dan profil usahanya muncul di halaman pertama setiap kali orang lain buka situs blogs tersebut.

Karena mengikuti dan memenuhi kebutuhan tersebut, maka bermunculanlah nama-nama blogs yang terintegrasi dengan kelanakuliner.co.cc seperti:

http://wisatakulinerdobeldobel.blogspot.com
http://tamankulinerdobeldobel.blogspot.com
http://warungkuliner.blogspot.com
http://jelajahdobeldobel.blogspot.com
http://tamanrestobekasi.blogspot.com
http://dekoeliner-jatibening.blogspot.com

Demi menyikapi respon yang didapat di jaringan blogs kelanakuliner.co.cc dan dobeldobel.co.cc kemudian hubungan relasi yang sudah terbina dengan tokoh-tokoh yang kini duduk di kursi dewan serta dukungan dari beberapa media massa nasional, maka sang pendiri, Sidik Rizal ingin mengukuhkan eksistensi jaringan media online ini dalam bentuk kegiatan konkrit yang bisa dirasakan langsung kepada mitra dan sesama.

Berita duka gempa bumi di Sumatera beberapa waktu berselang telah membuat terkejut bangsa Indonesia, rasa peduli dan sama-sama merasakan penderitaan akibat musibah bencana alam itu memotivasi dobeldobel.co.cc untuk mengajak mitra dan kolega yang sudah terbina untuk sedikit meringankan beban mereka. Maka berangkat dari niat awal ingin berbuat sesuatu buat sesama dan mengajak sesama untuk saling peduli, maka dobeldobel.co.cc berkeinginan menggalang dana dan ingin menyumbangkannya kepada para korban gempa Sumatera Barat.

Di samping menyampaikan kepada para mitra yang kini telah duduk di dewan dan mereka sebagian besar adalah pengusaha yang lebih dahulu telah sukses dan berkecukupan, maka dobeldobel.co.cc dan kelanakuliner.co.cc akan mengadakan lelang lukisan grafis digital printing karikatur para tokoh politik nasional dan lokal yang telah dimuat di media dobeldobel.co.cc pada saat masa pemilu lalu. Ada beberapa karikatur digital printing yang memang belum ditayangkan, namun justru inilah yang akan diberikan kepada para politisi yang nantinya diundang hadir pada acara penggalangan dana tersebut.

Acara penggalangan dana itu sendiri nantinya akan dikemas dalam bentuk acara "Launching Media dobeldobel.com sebagai salah satu media sumber informasi yang direkam oleh Library of Congress of USA". Seperti yang telah dijelaskan di awal proposal ini, bahwa setiap tulisan dari hasil waancara langsung dengan para tokoh caleg dan kandidat pada pemilu lalu, data-datanya direkam dan disimpan secara digital oleh Library of Congress, sebagai salah satu perpustakaan terbesar di dunia saat ini. Dengan kata lain semua tulisan dari hasil wawancara dengan nara sumber akan tersimpan di perpustakaan dunia itu hingga seratus tahun mendatang. Hal ini memang sangat penting dan diperlukan buat generasi mendatang untuk mengenal siapa dan bagaimana tokoh-tokoh yang membawa negeri ini kepada mereka. Dengan sumber referensi langsung dari sang narasumber inilah, data informasi yang bersifat dokumentasi ini mempunyai nilai sejarah kelak di kemudian hari.

Itulah sebabnya, pada acara peluncuran dan syukuran serta halal bil halal dobeldobel.co.cc ini sekaligus mengundang pihak Perpustakaan Kongres AS yang langsung diwakili Mr. William Tuchrello, selaku Direktur Lapangan, kemudian juga turut mengundang beberapa anggota dewan di tingkat nasional yang sempat diwawancarai oleh dobeldobel.co.cc dari berbagai partai. Khusus untuk wilayah Bekasi, maka yang diundang sudah semestinya adalah petinggi-petinggi partai pemenang dan beberapa petinggi partai peserta pemilu lainnya di tingkat lokal hingga nasional.

Memang tak banyak yang bisa dihadirkan, namun dengan target mereka yang aksesnya jauh lebih mudah untuk ditemui dan diwawancarai saja, itu merupakan hal yang lebih dari cukup sebagai awal langkah dobeldobel.co.cc menjadi sebuah media resmi dan profesional. Bersamaan itu pula nanti nama media dobeldobel.co.cc akan ditransformasi menjadi dobeldobel.com dan termasuk kelanakuliner.co.cc menjadi kelanakuliner.com

Kembali ke pokok permasalahan, manajemen dobeldobel.co.cc yang terdiri dari Sidik Rizal, Dian PP, Aris Margiantoro dan Buznadi Turki, Eddy Edwin Wijaya ini akan meluncurkan media dobeldobel.com dan mengundang beberapa petinggi partai serta anggota dewan yang telah terpilih kemudian mengundang tokoh perpustakaan nasional Library of Congress of USA, William P. Tuchrello, kemudian melakukan pelelangan lukisan karikatur digital printing yang hasilnya sebagian nanti akan disumbangkan buat para korban gempa di Sumatera Barat. Acara ini sedianya akan diliput oleh televisi dan media massa nasional.

Sekarang tinggal menunggu konfirmasi dan kesediaan Anda untuk mendukung acara ini. Apakah tertarik untuk turut membantu sesama dan menghadiri acara Gala Dinner yang akan diselenggarakan pada hari Minggu, tanggal 11 Oktober 2009, di Taman Resto Rawalumbu Bekasi?

Untuk jelasnya konfirmasi hubungi telp. (021) 9346.1965 dengan Sidik Rizal

1 komentar:

  1. RESTO JATIWARINGIN PARK
    Semakin maraknya usaha kuliner di kawasan sepanjang jalur Jatiwaringin hingga Pondok Gede ternyata tak menyurutkan investor untuk terus mengembangkan dan membuka usaha baru di jalur protokoler tersebut. Usaha kuliner kini menjadi bukan saja sebagai pundi-pundi penghasil uang, tapi juga sebagai alat untuk diplomasi dan negosiasi. Bahkan ada pengusaha yang menjadikan tempat usaha kulinernya sebagi meeting point atau tempat pertemuan komunitas tertentu baik itu sosial maupun politis. Untuk itu adalah hal yang wajar kini banyak politisi yang berkolaborasi dengan pengusaha kuliner atau memang langsung terjun menjadi pengusaha kuliner.
    Kawasan jalur Jatiwaringin - Pondok Gede yang merupakan jalan protokol memang menjanjikan peluang usaha apalagi dengan terbukanya akses keluar masuk pintu tol dalam dan luar kota menambah nilai lebih dari jalur Jatiwaringin – Pondok Gede untuk usaha apapun. Belum lagi adanya angkutan umum yang melintasi jalur sibuk ini yang kadang menambah macet. Dari sini dapat diambil kesimpulan bahwa peluang pasar yang melintasi jalan tersebut sangatlah besar dan datang dari berbagai segmen. Mulai dari segmen pasar kelas bawah yang menggunakan angkutan umum atau berjalan kaki hingga yang menggunakan kendaraan pribadi beroda dua maupun beroda empat.
    Merupakan tambang emas bagi siapa saja yang memiliki lokasi usaha di jalur panjang tersebut. Sebagai bukti nyata usaha kuliner dan jasa banyak berdiri di kedua sisi jalur, demikian pula banyaknya sekolah kejuruan seperti SMK Jaya Wisata, dan beberapa kampus swasta semakin membuat jalur lurus selebar 10 meter ini layak disebut sebagai urat nadi kota Bekasi dan Jakarta Timur.
    Mempertimbangkan hal tersebut, maka membuat sebuah tempat untuk mengumpulkan massa menjadi sebagai satu kiat usaha yang paling mendasar. Konsep pusat jajan serba ada seperti Bengkel Kuliner yang memiliki luas tanah lebih dari 7000 m2 dengan fasilitas tambahan seperti beberapa lapangan futsal, sebuah pompa bensin dan bengkel kendaraan bermotor yang membuatnya menjadi sebuah usaha penghasil uang tercepat adalah salah satu contoh usaha yang menerapkan pendapat tersebut di atas.
    Potensi yang ada di lintasan jalur inilah yang hendak ditawarkan kepada para investor, terutama mereka yang memang menginginkan memiliki tempat pertemuan strategis di wilayah pinggiran kota Jakarta dan Bekasi. Sebuah lahan dan bangunan seluas 1200 m2 dan sebuah resto yang sudah berjalan beberapa tahun, menawarkan sebuah konsep usaha wisata kuliner trasional khusus makanan dari daerah Indonesia bagian timur seperti Makasar, Manado , Gorontalo dan Ambon.
    Peluang usaha kuliner khusus makanan Indonesia bagian timur masih sangat besar, karena belum banyak usaha sejenis di wilayah ini. Makanan bagian Indonesia timur jauh lebih diminati

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

. Kelana .. Kuliner .

wisatakuliner

kulinerkuliner.com

My Passion : Travel, Food & Music

Entri Populer